Senin, 19 Januari 2009

kondensator


Kondensator
Kondensator atau sering disebut juga dengan kapasitor dilambangkan dengan huruf C adalah komponen yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu tertentu tanpa disertai dengan reaksi kimia. Tidak seperti baterai kering atau aki yang bisa menyimpan tenaga listrik namun disertai dengan reaksi kimia.
Kapasitor atau kondensator memiliki struktur yang terbuat dari plat metal dan dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik. Apabila kedua ujung plat diberi tegangan listrik, maka muatan-muatan positip akan mengumpul pada salah satu kaki (elektroda) metalnya dan pada saat yang sama muatan-muatan negatip yang terkumpul pada ujung metal yang satu lagi. Namun demikian muatan positip tidak dapat segera mengalir menuju unung kutub negative dan sebaliknya karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif. Dengan demikian muatan elektrik ini tersimpan selama tidak ada konduksi pada ujung-ujung kakinya.
Seperti halnya resistor kapasitor juga memiliki dua jenis yaitu kapasitor tetap dan kapasitor tidak tetap (variable). Besaran nilai kapasitor diukur dengan satuan Farad. Gambar kapasitor beserta simbolnya seperti terlihat pada Gambar 2.10 berikut ini.


Gambar 2.10 Bentuk fisik dan symbol kapasitor


<'span>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar